1. Have you gone to the right direction?
Alias anda lari ke arah yang benar ga sih? Kerja
jumpalitan tapi tidak mengerjakan part yang menjadi prioritas bisa jadi
penyebab anda dinilai tidak perform. As profesional, anda harus bisa memahami
part mana yang menjadi prioritas, fokuskan effort anda pada hal-hal yang
menjadi prioritas tersebut sebelum mengerjakan hal yang lain.
2. Have you communicate the problem?
Sebenarnya ini sumber dari segala masalah kalau boleh
dibilang, kita merasa counterpart kita paham apa yang kita kehendaki, dan
begitu sebaliknya, dengan kata lain inilah sumber anda dan saya sama2 bete dan
capek cape deh. Semua issue yang kita ketahui harus diinfokan ke counter part
kita sesegera mungkin, maksud saya disini issue yang muncul at the early stage
ya. Kenapa sih mesti diinfokan sesegera mungkin? Jangan sampai ketika pekerjaan
anda mendekati due date, anda baru mengungkapkan sumber permasalahan yang
menyebabkan pekerjaan anda tidak terselesaikan. Ketika hal ini terjadi, anda
tidak lagi memiliki banyak opsi solusi untuk menyelesaikan pekerjaan anda.
3. Domestic Issue
Saat ini banyak sekali ibu rumah tangga yang nyambi
bekerja seperti saya, nah kalo casenya begini pintar2 lah membagi waktu. Kita pasti
tidak bisa lepas dari kewajiban sebagai ibu, contohnya anak demam semaleman
begadang endingnya pagi tidak bisa hadir di kantor tepat waktu. Saran saya anda
harus pintar memanage waktu, saya yakin kolega anda tidak akan komplain ketika
anda suatu waktu harus mengurus rumah tangga (pada jam kerja) apabila anda
responsible terhadap pekerjaan anda
4. Asumsi
Semua yang kita pikirkan yang ada hubungannya dengan
pekerjaan harus dikomunikasikan, karena pemahaman tiap orang berbeda, jangan
berasumsi subordinate kita paham tentang apa yang kita maksud, kecuali kita
mengkonfirmasikannya kembali. Demikian juga komunikasikan asumsi kita dengan
maksud superior kita, just to make sure that we are at the same page. Dengan begini,
anda akan mengerjakan task yang tepat yang akan menghasilkan nilai plus dalam
kinerja anda
5. Raise your flag
Angkat bendera anda ketika anda merasa overload, kerjaan
banyak jangan dikekep sendirian. Jangan takut dikira ga mampu, ini team work
loh bukan tentang mampu atau tidak mampu. Karena ketika anda keep semua
outstanding anda sendiri, naaah inilah cikal bakal anda dinilai tidak perform
“You may have to fight a battle
more than once to win it.” – Margaret Thatcher
Semangat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar