Kamu capek? Saya juga!



"Ih cape bener deh, udah kerja jumpalitan eh masih dibilang perform". Diakui  apa tidak, anda pernah kepikiran seperti itu kan? sebenernya menurut pendapat saya, dinilai tidak perform itu pasti ada sebabnya, nah penyebabnya mungkin ada diantara poin-poin sbb

1.   Have you gone to the right direction?
Alias anda lari ke arah yang benar ga sih? Kerja jumpalitan tapi tidak mengerjakan part yang menjadi prioritas bisa jadi penyebab anda dinilai tidak perform. As profesional, anda harus bisa memahami part mana yang menjadi prioritas, fokuskan effort anda pada hal-hal yang menjadi prioritas tersebut sebelum mengerjakan hal yang lain.

2.   Have you communicate the problem?
Sebenarnya ini sumber dari segala masalah kalau boleh dibilang, kita merasa counterpart kita paham apa yang kita kehendaki, dan begitu sebaliknya, dengan kata lain inilah sumber anda dan saya sama2 bete dan capek cape deh. Semua issue yang kita ketahui harus diinfokan ke counter part kita sesegera mungkin, maksud saya disini issue yang muncul at the early stage ya. Kenapa sih mesti diinfokan sesegera mungkin? Jangan sampai ketika pekerjaan anda mendekati due date, anda baru mengungkapkan sumber permasalahan yang menyebabkan pekerjaan anda tidak terselesaikan. Ketika hal ini terjadi, anda tidak lagi memiliki banyak opsi solusi untuk menyelesaikan pekerjaan anda.

3.   Domestic Issue
Saat ini banyak sekali ibu rumah tangga yang nyambi bekerja seperti saya, nah kalo casenya begini pintar2 lah membagi waktu. Kita pasti tidak bisa lepas dari kewajiban sebagai ibu, contohnya anak demam semaleman begadang endingnya pagi tidak bisa hadir di kantor tepat waktu. Saran saya anda harus pintar memanage waktu, saya yakin kolega anda tidak akan komplain ketika anda suatu waktu harus mengurus rumah tangga (pada jam kerja) apabila anda responsible terhadap pekerjaan anda

4.   Asumsi
Semua yang kita pikirkan yang ada hubungannya dengan pekerjaan harus dikomunikasikan, karena pemahaman tiap orang berbeda, jangan berasumsi subordinate kita paham tentang apa yang kita maksud, kecuali kita mengkonfirmasikannya kembali. Demikian juga komunikasikan asumsi kita dengan maksud superior kita, just to make sure that we are at the same page. Dengan begini, anda akan mengerjakan task yang tepat yang akan menghasilkan nilai plus dalam kinerja anda

5.   Raise your flag
Angkat bendera anda ketika anda merasa overload, kerjaan banyak jangan dikekep sendirian. Jangan takut dikira ga mampu, ini team work loh bukan tentang mampu atau tidak mampu. Karena ketika anda keep semua outstanding anda sendiri, naaah inilah cikal bakal anda dinilai tidak perform

You may have to fight a battle more than once to win it.” – Margaret Thatcher

Semangat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar